Senin, 22 September 2014

Skripsi T_T

Semua orang yang melanjutkan kuliah S1 sebagian besar pasti ngerasain skripsi, atau minimal pada akhirnya akan membuat skripsi. Aku selama ini denger skripsi udah horror sendiri, tapi mau gimana lagi, ibarat orang udah terlanjur hamil, mau ga mau nanti akan beranak ngelahirin juga. Mau itu caesar, ataupun normal. *mulai ngelantur*

Semangat bikin skripsi itu kadang membara, kadang meredup, malah keseringan hampir mati sama sekali. hahaha. Mungkin itu karena aku males. Tapi males itu banyak faktor pendukungnya kan? (mencari pembenaran, hahaha). Aku paparin satu-satu ya.

1. Salah pilih judul
Salah pilih judul ini bisa jadi pada saat milih, kamu pengen yang terbaik, atau juga mungkin pengen yang jarang orang bahas, jadi skripsi kamu bener-bener beda. Salah pilih judul bisa juga karena kebetulan emang kamu cuma kepikiran itu dan masalah itu kebetulan ada di depan mata kamu.
Ini yang terjadi sama aku, karena aku kuliah di fakultas hukum, jadi skripsinya nyangkut masalah hukum kan? Nah kebetulan di area tempat tinggal aku ada "konflik internal" jadi aku mikir awalnya asyik, karena penelitiannya deket. Tak disangka, yang bahas tentang judul yang aku pilih itu belum ada di kampus aku, jadi aku ga punya bayangan sama sekali. T_T

2. Bahannya minim
Sebaiknya, sebelom kamu menjatuhkan pilihan judul, alangkah lebih baik cari bahannya dulu, paling ngga cek2 aja, Undang-undangnya udah ada apa belom, PPnya ada ga yang menyangkut tentang itu, trus kasus yang mirip kaya yang kamu bahas udah ada apa belom, putusannya gimana. Semua dicari sampe jelas. Baru deh ngajuin proposal dengan judul itu. Ya, sebenernya masalah bahan ini tergantung juga sama jenis penelitiannya ya, tapi aku ambil yang umum aja, kan kebanyakan ngambil analisis kasus.

3. Sering ditanyain
Sebenernya yang nanya juga mungkin iseng ya, nanyanya kaya "skripsi kamu sampe mana?" atau "eh skripsi kamu sebenernya dikerjain apa ngga sih?" klo ga yang nyebelin "yah katanya mau sidang bulan ***** sampe sekarang masa belom beres, ga bakal kekejar itu sih" hahahaa. buat orang yang biasa aja, atau pantang menyerah itu ga ngaruh. Tapi kalo aku itu sangat-sangat ngaruh, mental down, patah semangat karena diremehin. Untungnya sesama temen 1angkatan hampir ga ada yang rajin nanyain skripsi temennya, mungkin karena tau rasanya ditanyain yaa.

Udah ah segitu aja poin-poinnya, sebenernya tadi banyak muncrat-muncrat dari kepala, tapi tiba-tiba lupa semua. hahahahaa

Selain yang bikin males diatas, ada juga kok poin-poin yang bikin kita semangat, kalo aku punya 4 hal yang bikin semangat. yaitu:

1. Liat temen
Liat temen ini maksudnya bukan nyontek skripsi, yaa keleeeus. Liat temen itu semangatnya jadi memuncak liat temen ada yang udah sidang, udah siap sidang, udah lulus, atau skripsinya udah masuk bab akhir. Yang muncul di pikiran "mereka aja bisa dlm waktu 1bulan, kenapa aku nggak?".
Selain itu, temen-temen yang baik juga pasti selalu ngasih semangat, tips-tips, apalagi kalo pembimbingnya sama. Jadi kalo skripsi, banyak-banyak temenan sama orang yang ngasih semangat. kadang orangnya ga diduga-duga loh.

2. Pasang target/deadline
Nah pasang target ini penting banget, biar kita ga ngulur-ngulur waktu lebih banyak, pake target aja suka ngaret, apalagi ngga pake kan?. Hal yang bikin semangat ngejer target itu adalah, mikirin kalo nanti, setelah beres, kita bisa santai sesantai-santainya, sampe kita bosen sendiri dengan santainya kita (ini sih karena ga dapet-dapet kerja, hahaha). Selain itu aku sama temen-temenku punya target yang kita tetapin dengan senang hati. Kenapaaa? karena targetnya adalah Travelling! hihihi. jadi kalo tiba-tiba target melenceng, travelling yang udah siap 80% terpaksa gagal (Astaghfirullah jangan sampe!)

3. Meniru
Yang ini sering ngaruh ke aku, aku suka nonton drama korea. Sukaaa banget!. Kalo kamu pernah nonton beberapa drama korea, pasti pernah liat kalo orang korea belajar/begadang buat sesuatu hal. yakan?. Misalnya yang kerja, begadang sampe pagi buat nyelesain tugas dari bosnya, yang kuliah sibuk mendekam di perpus berhari-hari sebelom ujian. atau buat yang mau cari kerja, begadang bermalam-malam buat persiapan tes masuk kerja, apalagi kerja di pemerintahan yang kayanya susah banget. Cerita drama dibuat pasti karena ada kejadian aslinya kan?. hal itu yg bikin aku kadang-kadang sanggup begadang setiap hari selama seminggu pas jaman kuliah masih padet. hihihi

4. Inget cita-cita
Kalo ini ga usah dibilang lagi ya, pasti semua punya cita-cita. Tapi kadang kurang yakin aja cita-citanya bisa dicapai apa ngga. Yakinlah, kalo udah usaha pasti akan ada hasil, kalo hasil yang didapet sekarang masih jauh banget dari cita-cita, berarti usaha kamu masih harus berlanjut. Aku sering dari males tiba-tiba mulai ngerjain skripsi lagi gara-gara ngebayangin punya kantor notaris sendiri. bukan hal yang ga mungkin kan? ^_*

Aku nulis hal ini karena aku rajin dan bisa melakukannya selalu, tapi justru aku berjibaku dengan segala godaan selama skripsi ini, dan paling ngga aku punya 4 hal ini yang bikin aku terus semangat ngerjain skripsi. semoga kalian yang udah mulai patah semangat, jadi bangkit lagi ya ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar